Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil MTs Nurul Anwar Sentani


Profil Singkat MTs Nurul Anwar, sentani, jayapura, papua
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Anwar Sentani adalah sebuah lembaga pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang didirikan pada 17 Juli 2008 di Kampung Yobeh, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. MTs Nurul Anwar Sentani mengikuti kurikulum Pemerintah Kementerian Agama yang ijazahnya diakui sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya seperti SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), atau MA (Madrasah Aliyah). Baik sekolah negeri maupun swasta.

Secara kelembagaan, MTS Nurul Anwar berada di bawah Pondok Pesantren Nurul Anwar Sentani Jayapura yang juga membawahi Madrasah Aliyah (MA) Nurul Anwar. 

MTs Nurul Anwar menerima siswa dan siswi lulusan SD (Sekolah Dasar) dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan PPS Ula baik negeri maupun swasta dengan ketentuan yang berlaku. yang terpenting adalah siswa atau siswi MTs Nurul Anwar dianjurkan untuk tinggal di Pondok Pesantren Nurul Anwar dan mengikuti seluruh kegiatan pesantren termasuk yang utama mengikuti program Madrasah Diniyah Nurul Anwar

Sejarah Berdirinya MTs Nurul Anwar Sentani

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Anwar Sentani berdiri pada tanggal 15 Juli 2008 yang sebelumnya adalah PPS Nurul Anwar tingkat wustha. Setelah satu Tahun kemudian berdiri Madrasah Aliyah (MA) Nurul Anwar sentani Jayapura, yakni pada tanggal 15 Juli 2009.


Profil Singkat MTs Nurul Anwar, sentani, jayapura, papua

Profil Singkat MTs Nurul Anwar

Sejak berdirinya MTs Nurul Anwar Sentani telah mengalami dua kali pergantian kepala sekolah. kepala sekolah pertama adalah Hari Mulyono, S.Pd.I yang menjabat sejak 2008 sampai 2011. kepala sekolah kedua adalah Samsul Haadi, S.Pd yang menjabat sejak 2011 sampai sekarang (2016).

Adapun identitas MTs Nurul Anwar adalah sebagai berikut:


Nama Madrasah
:
MTs Nurul Anwar
NSS/NSM
:
121291030003
Status
:
Terakreditasi BAN/SM No. 02.00/442/BAP-SM/X/2009
Tahun didirikan
:
2008

Alamat Madrasah

Jalan
:
Durian
Kelurahan
:
Yobeh
Kecamatan
:
Sentani
Kabupaten/Kota
:
Jayapura
Kode Pos
:
99352
Propinsi
:
Papua
Telephone
:
(0967)591323
Hp
:
Email
:
mts.nurulanwar039@gmail.com
Website
:
mts-nurulanwar.blogspot.com

Penyelenggara Madrasah

:

Pondok Pesantren Nurul Anwar


Struktur Organisasi MTs Nurul Anwar


Kepala sekolah
:
Samsul Hadi, S.Pd
Waka Kurikulum
:
Dwi Andaryanti, S.Pd
Waka Kesiswaan
:
Siti Aminah, S.Pd
Waka Sarana Prasarana
:
Luqman Hidayat, S.Pd.I
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler
:
Abdul Lathif
Kepala Urusan Tata Usaha
:
-
Bendahara
:
M. Faizin
Bimbingan Konseling (BPBK)
:
Zainudin


LOKASI




Profil Singkat MTs Nurul Anwar, sentani, jayapura, papua

Selayang Pandang MTs. Nurul Anwar


Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Anwar merupakan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berbasis madrasah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pondok Pesantren Nurul Anwar dan didirikan tahun 2007. Adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan Sekolah Menengah Pertama, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementrian Agama. 

Pendidikan madrasah tsanawiyah (MTs)ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Murid kelas 9 diwajibkan mengikuti UJian Nasional yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan MTs dapat melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah (MA) atau Sekolah Menengah Atas(SMA) /Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Kurikulum madrasah tsanawiyah sama dengan kurikulum Sekolah Menengah Pertama, hanya saja pada MTs terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam, misalnya mata pelajaran Bahasa Arab, Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlaq, dan Sejarah Kebudayaan Islam.



Post a Comment for "Profil MTs Nurul Anwar Sentani"